DPR: Situs Kemenhan disusupi, Pemerintah Perlu Serius Hadapi Cyber War.

Bukan satu kali, situs pemerintah berhasil disusupi. Untuk mencegah hal ini berulang dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, perlu tindakan pemerintah pemerintah, demikian saran Mardani, anggota Komisi I DPR RI FPKS.

Lebih lanjut, Mardani mengungkapkan, perlu SOP minimal dalam sistem keamanan pengelolaan situs pemerintah. “Setelah situs presidensby.info kini situs dirjen Kemenhan. Ini kan sangat disayangan. Jika ada isi web penting dan sensitif, maka sangat berbahaya. Kemenhan saja bisa di hack, masalah keamanan menjadi hal yang ironi. Pemerintah mesti turun tangan bikin SOP minimal”

Kejahatan kriminal di dunia maya perlu mendapat perhatian khusus. Alih-alih melindungi warga negara, situs pemerintah saja bisa diacak-acak. “Perhatian pemerintah mesti intens dan tindakan tidak hanya sekedar ‘mengobati’ namun juga mesti preventif, mencegah hal ini terjadi lagi.” Lanjut Mardani, yang juga Ka. Humas DPP PKS.

“Pemerintah juga perlu mengembangkan kerjasama dengan kampus agar bisa terus meningkakan kapasitas pertahanan cyber kita.” Ujar Mardani mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *