RELEASE: DPR minta evaluasi seluruh pelaksaan dan kualitas Pemilu 2019

Jakarta – Mardani Ali Sera, Wakil Ketua Komisi II DPR RI minta agar segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019.

“Saya minta Pemilu 2019 segera di evaluasi menyeluruh yang melibatkan semua stakeholder,” kata Mardani, Minggu (5/5).

Selanjutnya, Politisi PKS juga minta kualitas Pemilu 2019 ini harus di evaluasi. “Saya juga minta kualitas pelaksanaannya juga harus di evaluasi,” ujarnya.

Menurut Mardani, selain sudah menimbulkan korban 440 orang petugas KPPS, banyak hal-hal lain yang berimplikasi terhadap kualitas Pemilu yang perlu di audit, “Pemilu adalah ruh negara dalam meinghasilkan pemimpin berkualitas, kecurangan dalam pemilu salah satu racun yang merusak kualitas Pemilu dan demokrasi di Indonesia,” kata Mardani.

Lebih jauh, Ia juga mengatakan perlunya evaluasi kualitas Pemilu 2019 mengetahui integritas penyelenggara Pemilu, “Perlu di evaluasi agar masyarakat tidak resah desah desuh penyelenggara pemilu berpihak kepada salah satu pasang paslon capres atau caleg,” ujarnya.

Kedepan, ia berharap pemilu 2019 ini harus di perbaiki secara sistem agar tidak terjadi lagi hal hal tersebut, “Saya sih belum bisa bilang ini Pemilu terburuk sepanjang reformasi, saya berharap evaluasi ini bisa menjelaskan kualitas pemilu 2019 dan jadi masukan untuk pemilu tahun 2024,” pungkasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s