#KultwitMardani: Orkestrasi atau tunda Pilkada 2020 @mardanialisera (22/9/20)

Kultwit Pilkada 2020: Orkestrasi atau Tunda
oleh @mardanialisera
(22/9/20)

Bismillah, jumlah korban positif Covid-19 trs meningkat. Terkini, sudah mencapai 244.676 (20/9). Sementara bangsa kita dihadapkan dengan Pilkada 2020 Desember mendatang di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Jika trs berjalan, mutlak perlu orkestrasi mulai dari aturan hingga penanggung jawab.

Setidaknya ada beberapa hal, pertama, penyelenggara tdk hanya memiliki integritas, tetapi jg hrs meningkatkan profesionalismenya. KPU, KPUD, Bawaslu & Bawasda hrs benar2 menerapkan protokol Covid-19 secara ketat. Berikan sanksi tegas seperti menghentikan kampanye bagi paslon yg tdk menerapkan protokol kesehatan

Perlu sikap tegas & lugas dari pemerintah dgn membuat aturan sesuai paradigma Covid-19. PKPU yg ada tdk cukup karena UU No 10 Tahun 2016 sebagai rujukan masih memberi semua peluang utk melakukan kampanye, termasuk konser musik dll.

Ketika RDP dgn Kemendagri, kami mengusulkan Pilkada serentak jd orkestra yg indah & ketat. Pilkada serentak hrs menunjukkan energi positif bangsa bahwa di masa pandemi Covid-19, kita bisa menyelenggarakan Pilkada yg berkualitas & tidak menjadi cluster baru Covid-19.

Kemudian yg tdk kalah penting, kunci keberhasilan pilkada di tengah pandemi ada pada presiden @jokowi. Presiden sebagai pemimpin negara hrs mengorkestrasi semua pihak. Tdk bisa masing2 bekerja sendiri, semua tdk bisa berkoordinasi lsg krn harus tunduk dlm hierarki tertinggi.

InsyaAllah dgn begitu, bangsa Indonesia dapat menyelenggarakan Pilkada tanpa ada cluster baru dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas. jangan sampai Pilkada menjadi media penyebaran Covid-19 Namun jika tdk ada orkestrasi, ini akan horor dan sebaiknya Pilkada 2020 ditunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s