#KultwitMardani: Reshuffle, Menteri Terpilih mesti Siap Perangi Korupsi oleh @mardanialisera (23/12/20)

Bismillah. Kegagalan penanganan pandemi dan terciduknya 2 menteri di Kabinet Pak @jokowi semestinya menjadi petunjuk bagi pemimpin bahwa perlu adanya perombakan menteri secara besar2an.

Pak @Jokowi, masukan yang terpenting untuk reshuffle kabinet utamanya dari rakyat. Kesampingkan kepentingan politik apalagi kepentingam lingkar kekuasaan. Rakyat ingin menteri yang terpilih adalah mereka yang tahu cara bekerja dan anti korup. Coret menteri yg berpotensi koruptif dari skrg.

Bercermin dari kasus korupsi dana bansos covid-19 di tengah perjuangan Indonesia melawan virus Corona, masyarakat butuh figur yang bersih, berintegritas, dan kompeten. Caranya, libatkan PPATK dan KPK dalam melakukan seleksi.

Ada satu hal yg patut disayangkan, di awal periode pemerintahannya-yg-kedua, pak @Jokowi justru tidak melibatkan KPK dan PPATK dalam proses rekrutmen calon menteri. Tidak seperti yang beliau lakukan ketika di awal periode pertama.

Padahal keterlibatan KPK dan PPATK dinilai cukup penting untuk melihat rekam jejak. Sebab bersih dari korupsi adalah jaminan bagi masyarakat melihat kinerja para pembantu presiden. Publik berharap pak @Jokowi berani mengambil sikap sendiri, bebas dan netral dari kepentingan apapun dengan mengedepankan kompetensi.

Bila memang Pak @Jokowi ingin bekerja tanpa beban serta ingin meninggalkan warisan yang paripurna bagi rakyat Indonesia, maka langkah awalnya dimulai dengan memilih pembantu yang kompeten, bersih, dan berintegritas.

Semoga langkah yang diambil kali ini tepat, karena semua kalangan menunggu inovasi dan terobosan kabinet untuk menyelesaikan berbagai problema yang hadir di tengah pandemi Covid-19.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s