#KultwitMardani: Catatan Krisis Iklim di 2021 oleh @mardanialisera (8/12/20)

Semua pihak perlu menyadari bahwa kita tengah mengalami krisis iklim. Keseimbangan alam jelas akan terganggu. Gambar di bawah merupakan mencairnya area es terbesar di Arctic tahun 2020 lalu, dipantau oleh @ESA_EO. Suhu bumi yang memanas menjadi penyebabnya.

(masukkan gift)

Kenaikan 1 derajat saja pengaruhnya sangat besar bagi alam. Dan ini ditentukan dari tindakan2 dan pilihan yg kita ambil. Menggunakan listrik dgn boros, tidak mau menaiki transportasi umum, mengolah limbah asal2an dsb akan mempercepat proses kiamat iklim.

Dampaknya sudah bisa kita rasakan dengan adanya La Nina. Pada banyak kasus, hujan yg semakin sering terjadi menyebabkan banjir yang merugikan kita semua. Memasuki tahun 2021, masalah yang dihadapi tidak kalah beratnya

Perubahan tatanan perilaku akibat pandemi Covid-19 telah membawa dampak langsung pada pengelolaan sampah. Mengingat kita semua membutuhkan masker utk melindungi diri dari penyebaran virus tsb. Mutlak memerlukan upaya mitigasi terhadap risiko penularan kembali virus Covid-19 dari sampah masker yg telah digunakan.

Imbasnya, kapasitas pengelolaan & penyediaan fasilitas sampah serta limbah tidak akan mampu membendung kenaikan jumlah limbah yg luar biasa. Pemerintah, baik pusat maupun daerah, hrs melakukan terobosan dlm pembiayaan lingkungan/pembiayaan alternatif. Kerjasama Pemerintah dgn Badan Usaha (KPBU) adalah salah satunya.

Sebagai makhluk hidup, kita harus sadar bahwa krisis iklim merupakan bencana besar. Sehebat apapun kita, semua itu tidak akan berarti bila ekosistem tempat kita hidup menghilang. Mari jaga lingkungan sblm semuanya terlambat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s