SOSIALISASI 4 PILAR MPR RI: CERITA PERGOLAKAN TIMUR TENGAH SAMPAI RUSIA

Jakarta – MPR RI kembali mengadakan Sosialisasi Empat Pilar. Kali ini, Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahrera (PKS) MPR RI, Mardani Ali Sera kembali turun ke Konstituen Jakarta Timur, 6 Februari 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Mardani memaparkan tentang tugas dan wewenang MPR. Ia menjelaskan selain melakukan tugas-tugas konstitusional, MPR juga diberi amanat oleh undang-undang untuk mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“MPR juga ditugaskan mengkaji sistem ketatanegaraan kita, apakah sudah dilaksanakan sesuai dengan konsep yang ada atau belum. Sesuai dengan tugas konstitusionalnya, MPR dapat mengubah UUD, asal sesuai dengan ketentuan yang ada. Hanya saja ada konsensus bahwa yang tak boleh diubah adalah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mardani juga bercerita tentang beberapa negara di Timur Tengah yang selalu bergolak, seperti Lebanon, Palestina, Yordania, dan Syria. Yang menjadi penyebab pergolakan terjadi pemicunya adalah konflik internal di negara-negara itu, kata Mardani.

“Rusia adalah negara yang memiliki gereja Kristen Ortodok. Adapun gereja tersebut merupakan peninggalan kerajaan yang telah menguasai Rusia selama 300 tahun.”
Menurutnya, di Rusia agama sangatlah berpengaruh. Namun setelah agama dijadikan alat kekuasaan maka timbul gerakan yang dimotori Marxisme dan Leninisme sehingga Rusia menjadi negara komunis.

“Pergolakan di negara-negara Timur Tengah dan Rusia terjadi karena negara tersebut tidak memiliki konsensus yang dibuat secara bersama-sama dan diakui oleh rakyat sehingga dapat menyatukan bangsa.”
“Alhamdulillah kita punya yang namanya Empat Pilar Kebangsaan yang dapat mempersatukan bangsa yang berpenduduk 260 juta ini.” papar Mardani.

Di akhir acara, Mardani mengajak semua hadirin untuk tetap menjunjung tinggi nila-nilai kebangsaan Republik Indonesia, yang didalamnya termasuk 4 Pilar Kebangsaan MPR RI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s