#KultwitMardani: UUD mengamanatkan kesejahteraan rakyat, bukan hanya ambil pajak oleh @mardanialisera (11/6/21)

Bismillah, terkait rencana pemerintah mengenakan PPN terhadap kebutuhan pokok, ada 2x pukulan setidaknya yg masyarakat rasakan. Pertama daya beli yg menurun krn pandemi, lalu disaat daya beli menurun, harga kebutuhan pokok jg naik krn rencana penerapan PPN ini

Jika terealisasi, jelas jg berdampak kpd perekonomian scr umum, terutama masyarakat yg berpendapatan rendah. Lebih dari sepertiga masyarakat Indonesia berpotensi tidak bisa membeli makanan yg bernutrisi karena harga yg mahal.

Harus diingat, kebutuhan pangan bisa mencapai 56% dari pengeluaran rumah tangga mereka. PPN sembako jelas akan memberatkan bagi golongan tsb. Kita pun melihat, saat ini kebijakan perpajakan kontraproduktif krn berbagai pajak kalangan menengah byk dipangkas.

Seperti kian gencarnya pemerintah menggulirkan kebijakan tax amnesty jilid II dan memberi stimulus konsumsi kepada masyarakat kelas menengah ke atas. Seperti relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah sebagai intensif konsumsi sektor otomotif

Jika berpedoman kepada UUD, negara memelihara fakir miskin, maka kebijakan PPN atas sembako jelas bertolak belakang. Sudah selayaknya bisa lebih cerdas dalam menaikkan pendapatan, di antaranya memastikan tiada kebocoran anggaran penanganan Covid, juga transparansi pemanfaatannya.

Sejauh mana keberhasilan program pemberantasan Covid dengan anggaran super besar hingga memaksa rakyat mesti dikorbankan (lagi). Lalu, bagaimana pula potensi return dari dana koruptor jika pemerintah benar-benar gencar mengejar dan menyidangkannya.

Apakah kebutuhan pokok ini layak dikenakan PPN? Dasar kebijakan ini mesti dikaji secara mendalam. Skg bukan waktu yg pas membahas pajak, terutama yg memberatkan masyarakat berpendapatan rendah.

Covid-19 belum terkendali, dampak yg dihasilkan pun jg demikian. Tidak sedikit masyarakat yg menghadapi ancaman PHK, usaha yang gulung tikar, sampai pemotongan gaji dan insentif, Harus peka melihat kondisi ekonomi masyarakat yg terpukul dari berbagai sisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s