Indonesia Leaders Talk Edisi Ke-50: Kita & 5 Benua: Pelajaran Penting Covid dan Kepemimpinan

ILT Edisi Ke-50: Kita & 5 Benua: Pelajaran Penting Covid dan Kepemimpinan

Diawal tahun 2020, dunia digemparkan dengan merebaknya virus baru yaitu COVID-19 atau Coronavirus Disease 2019, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Penamaan SARS-CoV-2 dipilih karena virus tersebut memiliki keterkaitan genetik dengan virus yang menyebabkan SARS pada tahun 2003. Sampai saat ini virus ini dengan cepat menyebar masih misterius dan penelitian masih terus berlanjut.

Pada tanggal 2 Maret 2020, pemerintah Indonesia pertama kalinya mengumumkan secara resmi dua kasus terinfeksi COVID-19 di Indonesia. Setelah kejadian itu, jumlah pasien yang diketahui terinfeksi semakin bertambah. Kini penyebaran  COVID-19 kian melejit dengan hadirnya jenis varian baru yaitu Virus Corona Varian Delta atau B.1.617.2. Per tanggal 15 juli 2021, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia bertambah sebanyak 56,757 pasien. Jumlah kasus meninggal akibat COVID-19 juga mengalami peningkatan sebanyak 982 kasus. Penambahan kasus harian tersebut tidak hanya menjadi rekor tertinggi di Indonesia, tetapi juga merupakan peringkat pertama negara di dunia dengan penambahan kasus harian dan kasus meninggal akibat COVID-19 harian terbanyak berdasarkan data yang dihimpun Worldometers. Menunjukan bahwa, penanganan pandemi di Indonesia masih sangat buruk dan mengkhawatirkan.

Dalam menyikapi penyebaran varian baru COVID-19 yang semakin mengganas, pemerintah sejauh ini sudah melakukan 3 kebijakan kesehatan. Pertama, adalah penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Kedua upaya ini bertujuan untuk mencegah terbentuknya klaster baru dan sumber penyakit yang dapat menyebabkan peningkatan kasus positif COVID-19 di Indonesia. Kedua, propaganda 3M dan 3T, 3M terdiri atas memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, sedangkan 3T ialah testing, tracing, dan treatment. Ketiga, pemberlakukan Telemedicine  sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendiagnosis, mengobati, mencegah, dan/atau mengevaluasi kesehatan pasien. Pemberlakukan kebijakan ini merupakan bentuk response atas ketidakcukupan kapasitas fasilitas kesehatan yang tersedia akibat membludaknya pasien COVID-19. Namun sayangnya, penerapan kebijakan-kebijakan di atas belum bisa menangani pandemi COVID-19 dengan maksimal. Hal ini bisa dilihat dari jumlah kasus harian yang masih sangat tinggi. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan hal ini, di antaranya belum maksimalnya komunikasi publik dan inkonsistensi pemerintah dalam hal kebijakan publik dan implementasinya.

Di masa-masa krisis seperti ini, pemimpin yang sesungguhnya benar-benar diuji kualitas kepemimpinannya. Pandemi COVID-19 sejatinya memang memiliki ciri khas sebagai krisis “landscape-scale” atau berskala luas yang dapat dimaknai sebagai peristiwa tidak terduga yang terjadi dengan kecepatan luar biasa. Maka dari itu dibutuhkan sosok pemimpin yang memiliki keahlian dalam crisis leadership. Crisis leadership dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan untuk membuat seluruh pihak beradaptasi dengan ketidakpastian dengan cara membuat titik tengah untuk melaksanakan perintah dan kontrol sehingga masing-masing pihak dapat berhubungan, berkolaborasi, dan berkoordinasi satu sama lain untuk menghasilkan nilai bagi masyarakat.  Oleh karena itu, Indonesia Leaders Talk pekan ini akan membahas topik “Kita & 5 Benua: Pelajaran Penting Covid dan Kepemimpinan”

Narasumber

  1. Aji Teguh S.T. (Pengamat Kebijakan China, Jepang, Taiwan (Korsel/Asia)
  2. Dr. Febi Dwirahmadi (Dosen Global Health di Australia)
  3. Septi Panca Santi, MSc. (PH)  (Pengamat Kebijakan Kesehatan Masyarakat)
  4. Aria Prima Novianto, Ph.D (Pengamat Kebijakan, Illinois/Amerika)
  5. Dr. Fahmi Islam (Pengamat Kebijakan, Asia/Afrika)
  6. Mardani Ali Sera (Politisi PKS)
  7. Rocky Gerung (Pengamat)

Moderator: Haldi Panjaitan

ILT Edisi Ke-50: Kita & 5 Benua: Pelajaran Penting Covid dan Kepemimpinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *